Liburan di Tana Toraja



Kota Tana Toraja  terletak di Provinsi Sulawesi  Selatan dan merupakan objek wisata  favorit  yang dituju oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Wisatawan sangat tertarik dengan keindahan alamnya dan kebudayaan dari Tana Toraja . Letak dari Tana Toraja sendiri cukup jauh dari pusat pemerintahan provinsi makanya , banyak orang berfikir untuk mencapai Tana Toraja akan membutuhkan waktu tempuh yang lama dan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Padahal anggapan tersebut tidak semuanya benar. Traveling ke Tana Toraja pun bisa dengan biaya yang murah dan tidak memakan waktu yang lama,  Tetapi tetap bisa menikmati objek wisata yang ada di Tana Toraja. Caranya sebagai berikut:


pic art 60a.jpg

1. Manfaatkan Promo Maskapai Penerbangan

Langakah pertama yang anda lakukan adalah dengan pergi ke kota Makassar yang merupakan ibukota Sulawesi Selatan. Terdapat banyak masakapi penerbangan yang melakukan penerbangan ke bandara Sultan Hasanudin. Biasanya kalau liburan tiba banyak maskapai penerbangan yang mengeluarkan promo penerbangan murah. Dan biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan harga normal.

2. Berangkat Dari Makassar Ke Toraja Pada Malam Hari

Perjalanan ke Toraja akan memakan waktu 8-9 jam jika melakukan perjalanan darat dari kota Makasar. Banyak alat Transportasi untuk menuju kesana . kita bisa menggunakan Bus  seperti: bus Litha, Bintang Prima, Bintang Timur, Batu Tumonga, Charisma, Metro Permai, dan lain-lain. Bus-bus tersebut juga melayani perjalanan pada malam hari Dan biasanya akan berangkat pada pukul 8 hingga 10 malam. Tarif bus nya sendiri untuk fasilitas ber ac sekitar 100.000 Sedangkan untuk yang Non AC tarifnya 75.000. Untuk lebih menghematbiaya kita bisa menggunakan bus yang non AC. Udara tidak akan terasa panas apabila anda memilih perjalanan pada malam hari. Kalau anda menginginkan bus yang lebih nyaman anda bisa memilih bus dengan fasilitas AC. Lagipula tarif nya tidak terpaut jauh dengan bus yang Non AC. Baru pada pukul  5-6 pagi bus-bus ini akan sampai di Tana Toraja. Dan setelah sampai anda langsung bisa mengelilingi Objek Wisata Tana Toraja! Anda sebaiknya memesan tiket 2-3 hari sebelum hari pemberangkatan. Untuk pemesanan anda bisa langsung menghubungi kantor-kantor perwakilan dari bus yang  terkait.




3. Sewa Motor Untuk Keliling Toraja

Di Tana Toraja juga banyak penyewaan sepeda motor yang sangat cocok untuk anda yang bepergian berdua atau sendiri. Harga sewa nya cukup mahal yaitu sekitar 80.000 per harinya. Harga sewanya juga tergantung pada tipe sepeda motor yang anda sewa. Motor matic akan lebih mahal harga sewanya bila dibandingkan dengan sepeda motor dengan transmisi semi manual. Ini semua tergantung anda, lebih nyaman menggunakan sepeda motor apa. Motor dapat dijadikan alternatif yang tepat , karena objek wisata di Tana Toraja ada jalan yang tidak bisa diakses menggunakan mobil. Jadi motor menjadi pilihan utama.
4. Sehari Keliling Toraja Cukup!
Satu hari pun sudah cukup untuk mengelilingi objek wisata yang ada di Tana Toraja.  Objek wisata di Tana Toraja kebanyakan serupa dengan rumah adat dan kuburan alami. Bahkan apabila anda datang pada musim kemarau anda akan bisa mengunjungi objek wisata yang lebih banyak lagi. Untuk disetiap objek nya pun kita cukup 30 menit aja sudah cukup  untuk sekedar melihat-lihat. Siapa juga yang akan betah lama-lama di kuburan.

pic art 60c.jpg

5. Tidak Perlu Menginap, Langsung Kembali Ke Makassar

Setelah anda puas berkeliling di objek wisata yang ada di Tana Toraja dengan  aneka Tongkonan dan kuburan alami serta menikmati keindahan alamnya,  pada malam harinya  anda tidak perlu menginap. Anda langsung bisa kembali ke kota Makasar. Cara untuk kembali ke Makasar masih sama dengan waktu berangkat, anda bisa naik bus Dengan tarif yang sama juga. Bus ini akan tiba  di kota  Makassar pada  pukul 5 hingga 6 pagi.

Dengan cara di atas  menurut saya anda akan bisa memangkas biaya pengeluaran anda. Pengeluaran bisa dihemat dan masih bisa melihat objek-objek wisata yang ada di Tana Toraja. Dan juga tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Efek dari perjalanan memang sangat melelahkan, apalagi kita menaiki bus yang lumayan lama . Tapi bagi anda para pecinta petualang tentu dengan hal seperti itu tidak akan menjadikan masalah bukan.
Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan,  semoga bermanfaat!!
Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH TIKET CATALEYA TRAVEL

Ngebolang yuukk di 3 Negara Singapore-Malaysia-Thailand dengan Budget low cost di awal September ;)

5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri